Editorial Windows

5 Hal yang Harus dilakukan Setelah Install Windows

5 Hal yang Harus dilakukan Setelah Install Windows – Setelah Install Windows, tentunya ada sekitar 5 Hal yang Harus dilakukan Setelah Install Windows segera untuk memastikan sistem kembali berjalan dengan normal.

Apa saja yang harus dilakukkan diantaranya seperti mengembalikan beberapa pengaturan sistem ke default hingga intalasi software yang diperlukan.

5 Hal yang Harus dilakukan Setelah Install Windows

5 Hal yang Harus dilakukan Setelah Install Windows versi berapapun baik windows XP, Windows 7, Windows 8, Windows 8.1, Windows 10 sangat direkomendasikan melakukkan beberapa hal ini.

Mengembalikan Pengaturan BIOS ke semula

Ketika anda selesai melakukan instalasi windows, langkah pertama yang perlu anda lakukan adalah mengembalikan pengaturan booting pada BIOS seperti semula agar booting bisa langsung melalui hardisk.

Cara untuk mengembalikan pengaturan booting ke default sama seperti ketika melakukan instalasi windows yaitu sebagai berikut :

  1. Nyalakan atau Mulai ulang komputer kamu sehingga kembali booting, saat pertama kali muncul tekan DEL (Delete). Biasanya untuk masuk ke menu BIOS, tombol yang paling umum digunakan adalah DEL, F1, F2, atau Fn+F2, tergantung manufacturer laptop/ motherboard yang digunakan.

    5 Hal yang Harus dilakukan Setelah Install Windows

    Masuk BIOS

  2. BIOS akan terbuka seperti gambar di bawah ini. Setelah itu, pindah ke tab Boot dengan menggunakan tombol ◄ ►, biasanya menu BIOS berbeda-beda tergantung apa yang digunakan.

    5 Hal yang Harus dilakukan Setelah Install Windows

    Tampilan Phoenix BIOS

  3. Agar HHD Drive menjadi booting utama caranya adalah dengan memilih Hard Drive, kemudian geser menggunakan tombol +/- sampai berada di urutan teratas seperti gambar berikut.

    5 Hal yang Harus dilakukan Setelah Install Windows

    Settings Boot di BIOS

  4. Jangan lupa untuk memasukkan DVD Windows 7 nya pada DVDROM terlebih dahulu. Kemudian tekan tombol F10 untuk menyimpan hasil setting sekaligus keluar dari menu BIOS untuk menlanjutkan ke proses instalasi.

    Save Setting BIOS

    Save Setting BIOS

Format Fashdisk (Opsional)

Jika melakukkan instalasi Windows Menggunakan Bootable Flashdisk bisa diformat setelah selesai digunakan. Tapi jika ingin digunakan kembali lainwaktu tidak masalah tidak diformat juga.

Baca Juga:   Update Driver AMD Radeon Software Adrenalin 2020 Edition

Tetapi jika tidak punya flashdisk lagi dan ingin menggunakannya seperti biasa. Caranya adalah dengan melakukkan format pada flashdisk tersebut agar dapat digunakan kembali sesuai fungsinya sebagai berikut.

  1. Colokkan flashdisk pada PC. Untuk melakukan format flashdisk, silakan klik kanan flashdisk anda kemudian pilih Format… seperti yang tampak pada gambar berikut.

    Format Flashdisk di File Explorer

    Format Flashdisk di File Explorer

  2. Klik tombol Restore device defaults kemudian klik tombol Start untuk memulai format flashdisknya.

    Format Flashdisk di File Explorer

    Pengaturan Format Flashdisk via File Explorer

  3. Akan muncul warning atau peringatan bahwa semua data yang ada di dalam flashdisk akan dihapus semua. Pilih OK untuk melanjutkan. Biasanya proses ini hanya memakan waktu beberapa detik saja kemudian akan muncul notice “Format Complete.” yang menandakan proses format flashdisk anda telah selesai.
    Peringatan Format Falsdisk

    Peringatan Format Falsdisk

    Format Falsdisk Berhasil

    Format Falsdisk Berhasil

Install Software dan AntiVirus

Kedua hal yang paling penting adalah menginstall Software AntiVirus dan Software pendukung lainnya. Jika kamu menggunakan Windows 10 sudah disediakan Windows Defender, jadi cuku menginstall SMADAV Saja.

Tapi jika kamu menggunakan Windows 8 kebawah, disarankan menginstall AntiVirus tambahan seperti AVG, Avast, Avira, dsb. Karena sangat penting sekali, bahwasannya kita tahu windows ini rentan virus. Apalagi windows 7 yang telah habis masa dukungan keamanannya.

Lalu untuk software, kamu perlu mendownload software berikut.

1. Web Browser

Yang paling pertama harus diintall adalah web Browser. Pastinya kita tahu bahwa Windows memiliki peramban default yakni Windows Exploler atau MS Edge di Windows 10.

Tentunya kurang pas kita menggunakan sofware browser bawaan windows ini. Enaknya menggunakan browser sekelas Chrome, Firefox, Opera,Safari, dsb. Baru Browsing kita bisa lancar

2. Archiver atau Extractor

Ketika Mendownload sebuah file hasil Browsing, biasanya filenya berupa archive (rar atau zip). Untuk membukanya anda membutuhkan program extractor semisal winrar, 7-zip. dan lain sebagainya.

3. Video Player

Aplikasi ini digunakan sebagai pemutar video. Anda bisa menggunakan GOM Player, MPC (Media Player Classis)dan lain sebagainya. Jika kamu menggunakan Windows 10 biasanya menggunakan pemutar video default juga nyaman.

Baca Juga:   Top Up Diamond FF (Free Fire) Murah di Situs Ini

4. Music Player

Mendengarkan musik merupakan salah satu kebiasaan pengguna komputer. Maka dari itu anda harus menginstall aplikasi music player seperti AIMP3, Winamp, MediaMonkey, dan lain sebagainya. Tapi untuk pengguna Windows 10, cukup menggunakan Groove untuk memutar musik.

5. MS Office

Satu hal yang apling wajib diantara yang lainnya unuk di install pada windows kita adalah Microsoft Office. Bukan hanya untuk bekerja, tapi kebutuhan anak sekolah pun sangat penting. Jadi kiranya menginstall Office Word, Excel, Power Point saja itu sudah cukup.

6. PDF Reader

Bnayaknya file ebook di zaman sekarang berbasis .pdf. yang khusus dibuka menggunakan adobe acrobat reader atau alternatif lain menggunakan Nitro PDF, Foxit Reader dan lain sebagainya

7. Aplikasi Maintenance

Di fungsi pemeliharaan kamu bisa mencari Beberapa software dengan fungsi utamanya menganalisis, mengoptimal, memelihara PC agar tetap berjalan dengan baik dan lancar. Aplikasi yang paling umum digunakan adalah CCleaner.

8. Program Sesuai Kebutuhan Anda

Dan yang terakhir adalah, install program lain sesuai kebutuhan anda. Misalkan anda seorang designer, mungkin anda perlu menginstall software editing seperti Adobe Photoshop, CorelDraw dan lain sebagainya. Atau jika anda programmer menginstall Text editor dan software seperti emulator, dsb.

Menginstall Driver

Setelah menginstall Windows yang paling penting adalah Menginstall Driver. Beberapa sistem tidak akan berjalan jika tidak memiliki driver seperti Audio, Internet, Kartu Grafis atau VGA Card, dsb. Semua itu memerlukan driver.

Jika tidak memiliki Driver, Audio, Internet,Kartu Grafis, itu semua tidak akan berjalan. Bagaimana cara menginstall Driver? Baca (Cara Menginstall Driver Laptop atau Komputer Windows) karena artikelnya cukup memakan ruang.

Itulah 5 Hal yang Harus dilakukan Setelah Install Windows yang harus kamu ketahui, semoga bisa membantu dan bermanfaat untuk kamu.

Baca juga artikel menarik berikut!

Jangan lupa untuk Like Facebook, lalu Follow Instagram, dan Subscribe Channel YouTube saya!

Tentang penulis

Ulya

Blogger yang suka ngoding.

Berikan Komentar

Join Our Newsletter!
Dapatkan beragam informasi menarik serta tutorial terbaru dari BicaraBlog.com secara gratis.
Langganan