Tutorial Windows

Cara Install Windows 7 (Panduan Lengkap dengan Gambar)

Cara Install Windows 7 (Panduan Lengkap dengan Gambar) ‚Äď Masih banyak orang yang menginstall (Ulang) windows 7 sehingga banyak yang bertanya bagaimana cara install windows 7 sampai tuntas.

Setelah dukungan untuk windows 7 ini habis, tampaknya tidak menyurutkan antusiasme warga indonesia menggunakan Sistem Operasi Windows 7 ini.

Padahal sudah banyak orang menggunakan windows 10 sebagai OS-nya.

Entah apa yang menjadi pertimbangan untuk menginstall windows 7 ini sebagai OS komputer atau laptop saat ini. Tapi pastinya banyak yang saya dengar windows 7 ini friendly banget.

Oke, tidak apa-apa kita kembali menginstall windows 7 ini. Berikut adalah panduan Cara Install Windows 7 lengkap dengan Gambar.

Cara ini juga cocok untuk yang mencari cara install ulang windows 7.

Cara Install Windows 7 Mudah untuk Pemula

Bagaimanakah cara menginstall Windows 7 sampai tuntas? Yuk simak prosedurnya berikut ini.

Sebelum melakukan Instalasi, pastikan beberapa hal ini sudah kamu siapkan:

  1. Siapkan DVD Windows 7 terlebih dahulu, karena tutorrial cara install windows 7 ini melalui DVDROM. Jika kamu tidak punya DVD Installer Windows 7, cobalah menggunakan flashdisk sebagai alternatifnya. [Instalasi Windows 7 melalui flashdisk]
  2. Setting BIOS agar booting dari CD/ DVD.
  3. Backup data-data penting terlebih dahulu
  4. Apakah yang Kamu install adalah laptop? Jika iya, saya sarankan colokkan charger laptop segera. Jangan sampai laptop kehabisan daya pada saat proses instalasi karena akan berdampak buruk pada laptop itu sendiri.

Jika semua siap, jangan lupa cemilan agar nggak jenuh nunggu lamanya install windows. hehehe ūüôā

Menyiapkan DVD Installer Windows 7

Untuk mendapatkan DVD installer Windows 7, kamu bisa membelinya ditoko terdekat atau membelinya secara online disini.

Jika tidak memiliki budget untuk membeli installer windows 7, kamu bisa mendownload setup windows 7-nya di internet. Lalu membeli CD/DVD nya saja di toko sekitar atau belanja online disini.

Nanti, tinggal copy-kan setup windows 7 yang telah di download ke CD/DVD yang telah kamu beli.

Setting BIOS agar Booting dari CD/DVD

Kamu baru mendengar kata BIOS? Coba baca artikel (Mengenal BIOS dari Fungsi hingga Cara Kerjanya) terlebih dahulu. Setelah itu baru kita mengubah konfigurasi BIOS.

Biasanya BIOS menyetel pengaturan Booting itu melalui Hardisk utama. Nah, ini akan diganti melalui CD/DVD. Caranya sebagai berikut:

  1. Nyalakan atau Mulai ulang komputer Kamu sehingga kembali booting, saat pertama kali muncul tekan DEL (Delete). Biasanya untuk masuk ke menu BIOS, tombol yang paling umum digunakan adalah DEL, F1, F2, atau Fn+F2, tergantung manufacturer laptop/ motherboard yang digunakan.

    Cara Install Windows 7 (Panduan Lengkap dengan Gambar)

    Masuk BIOS

  2. BIOS akan terbuka seperti gambar di bawah ini. Setelah itu, pindah ke tab Boot dengan menggunakan tombol ‚óĄ ‚Ėļ, biasanya menu BIOS berbeda-beda tergantung apa yang digunakan.

    Cara Install Windows 7 (Panduan Lengkap dengan Gambar)

    Tampilan Phoenix BIOS

  3. Biasanya device yang berada di urutan teratas adalah HDD. Jadi komputer/ laptop ini akan melakukan booting pertama kali dari HDD, jadi ini yang harus dirubah agar bisa booting melalui CD/DVD.
  4. Agar CD/DVD Drive menjadi booting utama caranya adalah dengan memilih CD-ROM Drive, kemudian geser menggunakan tombol +/- sampai berada di urutan teratas seperti gambar berikut.

    Settings Boot di BIOS

    Settings Boot di BIOS

  5. Jangan lupa untuk memasukkan DVD Windows 7 nya pada DVDROM terlebih dahulu. Kemudian tekan tombol F10 untuk menyimpan hasil setting sekaligus keluar dari menu BIOS untuk menlanjutkan ke proses instalasi.

    Menyimpan Pengaturan BIOS

    Menyimpan Pengaturan BIOS

Langkah-langkah Cara Install Windows 7 Lengkap

Setelah setting BIOS selesai, CD/DVD telah dimasukkan, selanjutnya adalah masuk ke proses Cara Install Windows 7 sebagai berikut.

  1. Langkah pertama, tekan tombol apa saja untuk memulai instalasi.

    Tekan Sembarang Tombol

    Tekan Sembarang Tombol

  2. Setalh itu pilih Indonesian (Indonesia) pada Time and currency format. Untuk setting Language to install dan Keyboard or input method biarkan default. Kemudian pilih Next.

    Langkah-langkah Cara Install Windows 7 Lengkap

    Pilih Bahasa

  3. Untuk memulai instalasi windows 7 klik tombol Install now.

    Langkah-langkah Cara Install Windows 7 Lengkap

    Mulai Menginstall

  4. Centang I accepted the license terms kemudian klik Next.

    Langkah-langkah Cara Install Windows 7 Lengkap

    Perjanjian Penggunan

Membuat Pengaturan Partisi

Saya anggap Kamu saat ini sedang belajar bagaimana menginstall sistem operasi windows 7 untuk pertama kalinya. Jadi untuk itu silakan pilih Custom (advanced).

Membuat Pengaturan Partisi

Membuat Pengaturan Partisi

Bagi yang ingin melakukan install ulang, downgrade maupun upgrade ke windows 7 sekaligus tidak ingin data-data di partisi lain hilang, silakan lewati langkah nomor 2-6. Dan bagi kamu yang pertama kali melakukan instalasi windows 7 sekaligus yang HDDnya masih mulus dan belum terinstall sistem operasi windows sebelumnya, silakan lewati langkah nomor 1 ini.

  1. Jika kamu ingin melakukan install ulang, downgrade maupun upgrade sistem operasi windows sekaligus ingin data-data pada partisi lain tidak hilang, cukup delete Disk 0 Partition 2 (partisi C:) dan Disk 0 Partition 1 : System Reserved, nanti secara otomatis kedua partisi yang di delete tadi menjadi Unallocated Space.
  2. Silakan buat partisi baru lagi (secara otomotis, partisi tersebut menjadi Disk 0 Partition 2) dan jadikan Disk 0 Partition 2 sebagai lokasi instalasi windows 7, kemudian Next. Jika Bingung? Simak gambar gif dibawah ini. (Jika menggunakan ponsel saat membaca tutorial ini, disarankan menggunakan browser Chrome atau Mozilla agar gambar gif bergerak dengan sempurna).

    Membuat Partisi

    Membuat Partisi

  3. Langkah selanjutnya yaitu mempartisi ruang harddisk dengan cara Pilih Drive options (advanced) > New. Lalu tentukanlah ukuran partisi/ drive tersebut. Kemudian klik Apply jika sudah selesai.

    Membuat Partisi Baru

    Membuat Partisi Baru

  4. Pilih OK untuk pembuatan system files windows atau yang biasa disebut system reserved partition saja.

    Membuat System Reserved Partition

    Membuat System Reserved Partition

  5. Silakan buat 2 partisi dengan cara yang sama seperti langkah nomor 7. Sebenarnya, berapa banyak partisi tergantung selera masing-masing. Pada tutorial kali ini, saya hanya membuat 2 partisi.

    Buat Partisi sesuai Kebutuhan

    Buat Partisi sesuai Kebutuhan

  6. Silakan pilih Disk 0 Partition 2 sebagai lokasi instalasi windows. Kemudian pilih Next. Sebenarnya, kamu bisa memilih lokasi instalasi dimana saja, tapi saya sarankan di letakkan di Disk 0 Partition 2.

    Pilih Lokasi Install Windows

    Pilih Lokasi Install Windows

Menunggu Proses Instalasi

Proses instalasi windows 7 berlangsung memakan waktu kurang lebih 20 menit. Selama proses berlangsung, komputer akan reboot/ restart dengan sendirinya beberapa kali.

Cara Install Windows 7 (Panduan Lengkap dengan Gambar)

Menunggu Proses Instalasi

Jika kembali ke tampilan berikut, Jangan tekan tombol apapun pada keyboard! Hal tersebut akan menyebabkan kamu mengulangi proses instalasi dari awal.

Tekan Sembarang Tombol

Jangan klik apapun

Menyetting Sistem

Langkah selanjutnya yaitu memasukkan nama pengguna dan nama komputer sampai mengatur tanggal, dsb. Untuk melanjutkan ke langkah ini pilih Next.

Cara Install Windows 7 (Panduan Lengkap dengan Gambar)

Memaasukan Username

Langkah berikutnya yaitu membuat password untuk akun Windows. Saran saya, buatlah password yang kuat dengan kombinasi angka dan simbol. Sedangkan untuk password hint, isikan kata atau kalimat yang membantu kamu mengingat password tersebut.

Cara Install Windows 7 (Panduan Lengkap dengan Gambar)

Set Kata Sandi Baru

Jika kamu tidak ingin menambahkan password, biarkan saja kosong. Kemudian pilih Next.

Silakan masukkan product key windows 7, kemudian pilih Next. Jika tidak mempunyai product key, kamu bisa lewati langkah berikut ini tanpa memasukkan product key. Tetapi, tanpa aktivasi product key, kamu hanya dapat menggunakan Windows 7 selama masa trial (30 hari). Selanjutnya pilih Next.

Masukan Kode Produk Windows

Masukan Kode Produk Windows

Untuk Windows Update, silakan pilih Ask me later. kamubisa memilih Use recommended settings jika DVD windows 7 yang miliki original. Tetapi jika tidak, saya sangat menyarankan pilih Ask me later.

Pilih Recomended Settings

Pilih Recomended Settings

Untuk Time zone/ zona waktu. Pilih (UTC+07:00) Bangkok, Hanoi, Jakarta.

Atur Waktu dan Tanggal

Atur Waktu dan Tanggal

Langkah berikutnya yaitu menentukan lokasi jaringan. Silakan pilih Public Network.

Setelah password dibuat, kamu harus memasukkan password terlebih dahulu setiap menyalakan komputer untuk masuk ke layar dekstop. Kemudian tekan tombol Enter.

Itulah Cara Install Windows 7 ‚Äď Panduan Lengkap dengan Gambar. Semoga dapat dipahami. Jika ada masalah samapikan di kolom komentar.

Baca Juga:   Cara Membuat Akun Yahoo Mail (Email Yahoo) Baru Lengkap

Baca juga artikel menarik berikut!

Jangan lupa untuk Like Facebook, lalu Follow Instagram, dan Subscribe Channel YouTube saya!

Tentang penulis

Ulya

Blogger yang suka ngoding.

Berikan Komentar

Join Our Newsletter!
Dapatkan beragam informasi menarik serta tutorial terbaru dari BicaraBlog.com secara gratis.
Langganan