Blogging Editorial Marketing Tutorial

Cara Memilih Niche Blog Terbaik dengan Peluang Bisnis

Cara Memilih Niche Blog Terbaik dengan Peluang Bisnis

Cara Memilih Niche untuk Mencari Trafik Lebih Banyak – Tidak sembarang menulis blog, apa yang dibahas di dalam blog juga harus sesuai dengan pengetahuannya.

Pentingnya memilih Niche atau Judul atau Topik Blog yang tepat adalah untuk memperbesar peluang artikel yang kamu terbitkan dibaca banyak orang.

Tentunya artikel ini akan menjawab pertanyaan “Apakah niche blog itu berpengaruh terhadap trafik?”

Saya akan membahasnya perlahan agar kamu pemula yang sedang membuat blog professional bisa mengikuti langkah ini dengan baik untuk melanjutkan ke langkah berikutnya.

Sekedar informasi, saya menyimpan materi ini pada urutan pertama di materi cara membuat blog sebelumnya. Alasan saya menyisipkan pentingnya memilih niche karena banyak blogger pemula memilih topik yang dibahas di blog mereka secara asal-asalan.

Banyak diantaranya membahas hal-hal yang mereka tidak kuasai dan mereka tidak mengerti. Hingga pada akhirnya banyak yang memilih coppast artikel blog lain.

Dalam berbisnis tentu ini sangat dilarang, karena suatu saat ini akan menjadi penghambat atau bahkan menjadi sebuah kerugian yang sangat besar.

Sehingga sebelum membuat blog pastikan kamu mengetahui cara memilih niche blog yang bagus berikut ini.

Mengenal Apa Itu Niche

Sederhananya niche adalah judul atau topik bahasan (pasar) yang akan dibahas di blog kamu. Tentu sebelum membangun blog, kamu perlu melakukan riset dalam memilih niche yang paling bagus dan miliki peluang besar membuat blog kamu berkembang kedepannya.

Cara Memilih Niche Blog Terbaik dengan Peluang Bisnis

Niche

Saya tidak pernah melarang untuk membahas apapun yang kamu ketahui di blog milikmu. Tetapi setidaknya kedepannya kamu memiliki topik prioritas yang bisa terus-menerus dikembangkan.

Artinya blog tidak akan mati kehabisan pembahasan, sehingga kamu memilih coppast artikel orang karena sudah kehabisan ide atau pengetahuan yang dimiliki.

Cara Memilih Niche Blog yang Tepat

Kita tahu banyak orang yang membuat blog beragam niche seperti saya.

Oke, itu memang benar dan boleh-boleh saja. Banyak blogger lain juga yang menjelaskan beragam bahasan didalam blognya. Tetapi mereka sudah tahu dan paham betul mengenai seluk beluk dunia perbloggingan.

Baca Juga:   10 Aplikasi VPN Terbaik Untuk PC Windows Pasti Ngebut

Jadi bagi kamu yang masih pemula disarankan menghindari hal itu. Kamu tetap harus memiliki One Focus Nichey yang bisa membuat blog milikmu berkembang lebih jauh kedepannya.

Berikut pertimbangan-pertimbangan yang harus kamu perhatikan dalam memilih niche blog.

1. Memilih Niche Blog sesuai Minatmu

Memilih blog sesuai minat sangatlah penting.

Banyak blogger pemula sudah kehabisan ide untuk membuat postingan baru di blognya karena keterbatasan kemampuan dan pengetahuan.

Cara Memilih Niche Blog Terbaik dengan Peluang Bisnis

Menentukan Minat – Sumber: SeputarIlmu.com

Ini akan menghambat perkembangan blog kamu.

Oleh karena itu saya sarankan kamu memilih topik bahasan yang sesuai minat pribadi yang dimiliki.

Kenapa begitu?

Saya akan sebutkan kunci rahasia blog bertahan lama adalah dari niche yang sesuai minat.

Jika dilogikakan seperti kamu suka matematika, disekolah, di universitas, di kantor, dll. kamu masih menggunakannya bahkan belajar hal-hal baru lainnya kan?

Dengan begitu, jika kamu membuat blog belajar matematika potensi perkembangannya akan sangat pesat.

Toh kamu sudah tahu dan paham dengan matematika, apa saja yang dipelajari, susunan pelajarannya, tips dan triknya. Semua yang kamu tahu akan matematika cobalah untuk di buatkan artikelnya di blog tersebut.

Dan saya yakin, karena kamu terus belajar matematika, kedepannya selain matematikamu terasah, ilmu baru yang kamu dapatkan pun bisa terus dibagikan, karena ilmu yang kita miliki itu tidak pernah habis.

2. Melihat Kemampuan dan Peluang

Jika kamu paham mengenai marketing, cara kedua ini lebih tepatnya disimpan dimateri marketing.

Tapi karena pembahasan yang saya buat ini lebih kompleks, dimana kamu akan dilatih membuat blog professional baik untuk bisnis, penjualan, afiliasi, dsb. Jadi hal ini penting untuk sedikit dibahas.

Dalam melihat kemampuan yang kita miliki, coba untuk melihat dari mulai yang sederhana.

Cara Memilih Niche Blog Terbaik dengan Peluang Bisnis

Melihat Peluang – Sumber: Digination.ID

Saya contohkan, kemampuan saya di bidang matematika adalah tips dan rumus cepat, saya tidak bisa teori matematika umum.

Berarti solusi yang tepat untuk studi kasus diatas adalah, saya harus membuat blog tips dan trik matematika cepat.

Itu saja simpel.

Lalu melihat peluang dari kemampuan tersebut.

Kamu bisa melihat peluang dari segi bisnis, pendapatan, trafik, atau peluang-peluang lainnya yang bisa kamu dapatkan.

Baca Juga:   Cara Install Chromium di Linux Lubuntu dengan Mudah

Saya contohkan lagi, saya memiliki blog mengenai tips dan trik matematika cepat. Saya berfikir kenapa saya tidak memonetisasi situs dengan AdSense? atau Saya bisa membuat bisnis buku rumus cepat matematika dan mepromosikannya diblog?

Itulah peluang-peluang besar yang jarang orang lihat dan bisa kamu coba. Sehingga coba lihat kembali kemampuan yang kamu miliki dan pikirkan peluang besar yang bisa kamu dapatkan.

Tips dalam Pengembangan Niche Blog yang Bagus

Setelah membahas beberapa hal mengenai niche blog, saatnya saya memberitahukan kepadamu tips pengembangan dalam memilih niche blog yang bagus.

1. Melakukan Riset Pasar

Melakukan Riset

Melakukan Riset – Sumber: Maxmanroe.com

Jika kamu sudah menemukan beragam peluang yang bisa dimunculkan dengan memilih niche blog yang sesuai minatmu, saatnya melakukan riset pasar. Fungsinya adalah melihat seberapa besar mangsa pasar atau konsumen yang akan kamu dapatkan kedepannya.

Jika kamu nanti menjual buku rumus cepat matematika, dengan riset ini bisa memprediksi seberapa berhasil kamu dalam menjual buku-buku itu kedepannya.

2. Memilih Niche Spesifik (Micro Niche site)

Niche Harus Spesifik

Niche Harus Spesifik – Sumber: Kevinrumbino.blogspot.com

Ingat pilihlah niche yang spesifik seperti tadi, jangan memilih Broad niche site topik terlalu tinggi misal ‘Matematika’. Jika seperti itu maka akan susah mengoptimasinya. Saya merekomendasikan niche yang spesifik misal ‘Rumus Cepat Matematika’.

Itu sangat mudah dalam mengoptimasi artikel kedepannya, nah keuntungannya nanti kamu bisa membahas seputar topik matematika sebagai pengisi saja jika kamu tidak ada pembahasan atau memerlukan optmasi dengan keyword yang lebih umum.

3. Pilih Niche dengan Peluang Bisnis Tinggi

Peluang Bisnis

Peluang Bisnis – Sumber: Lifepal.co.id

Yang terakhir jika kamu ingin membuat blog bisnis professional, pastikan kamu melakukan riset dalam peluang bisnis juga, bukan sekedar riset pasar dan mangsa.

Pada langkah ini agak sulit karena kamu memang harus fokus membuat blog dengan artikel-artikel yang berkualitas dan sesuai terlebih dahulu. Jika kamu langsung berbisnis diawal membuat blog saya rasa itu tidaklah tepat.

Jadi pastikan tips pertama dan kedua itu sudah dilakukan hingga optimasi artikel dan trafik. Barulah membuka peluang terhadap bisnis yang akan digeluti setelah performa blog tinggi.

Demikianlah tips yang dapat saya berikan kepada pembaca blog ini, semoga apa yang saya bagikan mengenai cara memilih niche blog yang bagus ini bisa membantu kamu belajar ngeblog hingga menjadi sosok yang disebut professional.

About the author

Ulya

Hello, I am Muhammad Haulul Azkiyaa a.k.a. Ulya. I’m a Wordpress Development Specialist as well as a Front-end Web Dev. I help people get their business online and promote his Business.

Leave a Comment

Join Our Newsletter!
Dapatkan beragam informasi menarik serta tutorial terbaru dari BicaraBlog.com secara gratis.
Langganan