Editorial

Mengenal RAM: Sejarah, Fungsi, Cara Kerja, dan Jenisnya

Mengenal RAM: Sejarah, Fungsi, Cara Kerja, dan Jenisnya – Waktu Ngomongin HP banyak yang bingung ketika ada yang bilang RAM, Apa sih RAM itu? Mari kita Mengenal RAM, Fungsi, Cara Kerja, dan Jenisnya secara Lengkap.

Sedikit bercerita, sepertinya RAM dikalangan anak muda sekarang sudah melekat dengan Game. Kalau mau lancar main Gamenya, katanya RAM harus besar, agar waktu main tidak Lag dan Frame.

Memang seperti itukah?

Mari kita cari tahu apa Apa Pengertian RAM, Fungsi RAM, Cara Kerja RAM, Jenis-jenis RAM, Bahkan sejarah dari kemunculan RAM, semua akan kita bahas Lengkap.

Pengertian RAM

Pertanyaan yang pertama apa itu RAM dan Apa kepanjangan dari RAM?

RAM atau Random Access Memory adalah tempat penyimpanan data sementara yang mana data tersebut bisa diakses secara acak dengan cepat.

Mengenal RAM: Sejarah, Fungsi, Cara Kerja, dan Jenisnya

Gambar Tumpukan RAM

Diartikan ke bahasa Indonesia, RAM ini adalah Memori akses acakDalam dunia komputer RAM disebut Memori Utama guna menyimpan data sementara saat komputer dijalankan.

RAM sendiri hidup saat suatu perangkat dinyalakan, artinya RAM memerluka daya atau bersifat Volatile berbeda dengan Hardisk, DVD, atau Flashdisk.

Karena Kemampuan dari RAM ntuk mengakses data secara acak dan cepat, bisa dikatakan RAM ini adalah Memori tercepat dibanding HDD (Hard Disk Drive) dan SSD (Solid state Drive).

Selain itu yang membedakan RAM dari kedua jenis Peyimpanan diatas adalah RAM digunakan hanya untuk menyimpan data sementara, artinya akan hilang jika suatu proses itu terhenti atau ditutup, atau diakhiri.

Sehingga RAM dijadikan memori untuk menyimpan data yang diproses suatu Program saat sedang dijalankan dan Program tidak perlu waktu menunggu untuk mengakses data tersebut secara real-time.

Oleh karena itu jika ingin suatu Perangkat dapat menjalankan banyak program, memproses banyak data, mengeksekusi berbagai file, dengan cepat, cobalah menambah kapasitas RAM Perangkat tersebut.

Sejarah Awal diciptakannya RAM

Random Access Memory ini pertama kali ditemukkan oleh Robert Dennard, setelah itu Intel pertama kali yang memproduksi RAM, yakni pada tahun 1968.

Artinya RAM lebih dulu diteukan sebelum ditemukkannya PC pada tahun 1981.

Perkembangan RAM dimulai saat Komputer pertama kali diciptakan, karena ram bersifat Volatile, Dibutuhkan tegangan sebesar 5.0 volt pada saat RAM mulai diproduksi. Sehingga sebuah RAM bisa bekerja dengan frekuensi sebesar 4.77 Mhz.

Selanjutnya perkembangan RAM hadir berdasarkan Tipe yang bermunculan:

Mengenal RAM: Sejarah, Fungsi, Cara Kerja, dan Jenisnya

Macam-macam RAM

1. DRAM

DRAM atau Dynamic Random Access Memory. Di ciptakan oleh perusahaan IBM pada tahun 1970-an. Memiliki kecepatan antara 4,77 MHz s/d 40 MHz.

2. FPM DRAM

FPM DRAM atau Fast Page Mode DRAM Diciptakan pada tahun 1987 dan lebih dikenal dengan nama FPM. FPM sendiri memiliki kecepatan antara 16 MHz s/d 66 MHz.

3. EDO DRAM

EDO DRAM atau Extended Data Output Dynamic Random Access Memory. Munculnya EDO DRAM untuk menyempurnakan jenis memori yang sebelumnya yakni FPM DRAM. EDO RAM sendiri digunakan oleh komputer dengan prosesor Intel 486 serta intel pentium generasi pertama.

4. SD RAM

SD RAM atau Synchoronous Dynamic RAM. Hadir pada tahun 1996 dan 1997, tipe yang muncul SD RAM PC 66. PC 66 berarti RAM ini memiliki kecepatan 66 MHz. Kemudian muncul lagi SD RAM PC 100 yang digunakan untuk komputer dengan prosessor pentium II. Pada tahun 1999, SDRAM PC 133 di luncurkan ke pasaran, hingga akhirnya SDRAM terus ditingkatkan menjadi PC 150.

Baca Juga:   Surveyon: Survey Online yang Terbukti Membayar Mahal

5. RD RAM

RD RAM atau (Rambus DRAM). Sering juga disebut dengan DRDRAM atau juga Rambus memory, ini merupakan jenis RAM yang memiliki kecepatan sangat tinggi pada masa tersebut. RAM jenis ini bisa mengalirkan data hingga 1GB/s. Cukup jauh apabila dibandingkan dengan pendahulunya SDRAM. Namun menurut sejarah, Rambus RAM akhirnya menghilang dari pasaran dikarenakan harganya yang terlampau sangat tinggi.

6. DDR SDRAM

DDR SDRAM atau (double data rate synchoronous RAM), hadir Pada tahun 1999, dua perusahaan yang saling bersaing yaitu AMD dan Intel meningkatkan kecepatan clock prosesornya masing-masing dan ini berimbas kepada kebutuhan RAM yang bisa mengimbangi kemampuan prosesor tersebut. Untuk mengatasi masalah tersebut maka di ciptakan DDR SDRAM atau yang lebih dikenal dengan RAM tipe DDR1, Umumnya digunakan untuk prosesor pentium III sampai dengan pentium IV.

7. DDR2 SDRAM

DDR2 SDRAM. RAM ini muncul pada tahun 2005, DDR2 memiliki kecepatan lebih baik. RAM tipe DDR2 pun saat ini masih banyak beredar walaupun untuk kapasitas 2GB sangat sulit untuk ditemui di pasaran. Walaupun ada, harganya lumayan mahal, bahkan setara dengan 4GB DDR3. RAM ini digunakan dari prosesor pentium IV sampai dengan generasi Core Duo, RAM tipe ini membutuhkan daya sebesar 1,8 Volt.

8. DDR3 SDRAM

DDR3 SDRAM, muncul Pada pertengahan tahun 2007 . Membutuhkan daya hanya 1,5Volt. Kemampuan yang lebih baik begitu juga lebih irit daya membuat RAM DDR2 tertinggal jauh. Namun harganya pada waktu itu cukuplah tinggi dan membuat RAM ini belum dilirik orang lain. Sekitar tahun 2010 barulah RAM ini mulai diburu pengguna komputer.

9. DDR4 SDRAM

DDR4 SDRAM. RAM yang dirilis pada tahun 2014 namun ternyata baru bisa digunakan pada tahun 2015. Untuk harga sendiri masih belum bisa dijangkau untuk kalangan biasa. Apalagi RAM ini masih diperuntukkan untuk prosesor kelas atas miliknya Intel.

10. SO-DIMM

SO-DIMM atau Small Outline Dual In-Line Memory Module merupakan jenis memory yang digunakan pada perangkat notebook. Bentuk fisiknya kira-kira setengah dari besar DDR biasa sehingga dapat lebih menghemat ruang yang tentunya sangat berharga pada perangkat mobile seperti notebook. Perkembangan generasi SO-DIMM biasanya sejalan dengan perkembangan RAM untuk komputer desktop. Ketika DDR3 SDRAM diluncurkan dipasaran, DDR3 SO-DIMM juga ikut diluncurkan. Modul tersebut menggunakan slot yang memiliki 204 pin.

Terakhir yang saya tau adalah kemunculan DDR5, banyak media yang mengatakan RAM Jenis ini akan muncul di tahun 2020. Tapi faktanya laptop yang saya gunakan ini sudah memakai RAM DDR5. Dan ini menyebabkan saya semakin penasaran.

Fungsi RAM

Setelah kita mendalami sejarah RAM, langkah ketiga dalam Mengenal RAM adalah Mengetahui Fungsi dari Random Acess Memory ini. Oleh karena itu kita sajikan Fungsi RAM dalam artikel Mengenal RAM: Sejarah, Fungsi, Cara Kerja, dan Jenisnya ini sebagai berikut.

  1. Penyimpanan Sementara, Fungsi Utama dari RAM adalah menyimpan data sementara. RAM sendiri digunakan untuk memproses sebuah data yang sedang berjalan. Seperti data yang sedang dieksekusi atau Data yang di perlukan untuk menjalankan suatu program/aplikasi.
  2. Membaca Data, Fungsi utama dari sebuah Drive adalah Membaca Data, RAM memiliki kemampuan ini. Teruama untuk melakukan Proses Menampilkan Data. Biasanya Sebuah Program yang dijalankan akan memindahkan data dari Hard disk ke RAM pada saat pertama program dibuka. Lalu setelah itu Program tidak akan membaca lagi semua data Program melalui Hard disk tetapi melalui RAM, sehingga ssat program diutup data hilang dan disave ke hard disk sesuai fungsi pertama.
Baca Juga:   10 Aplikasi VPN Terbaik Untuk PC Windows Pasti Ngebut

Cara Kerja RAM

Artikel Mengenal RAM ini juga akan Membahas Bagaimana Cara Kerja RAM. Saya merasa tidak afdol jika Artikel Mengenal RAM ini tidak dilengkapi dengan Penjelasan Cara Kerja dari RAM tersebut.

Topologi Cara Kerja Random Access Memory

Tipologi RAM

Pada saat kita menyalakan Perangkat, komponen yang pertama kali bekerja adalah Prosessor. Prosessor sendiri kita ketahui memiliki fungsi untuk mengolah dan meminta data dari penyimpanan seperti Hard disk.

Namun ternyata Hard disk dan RAM merupakan Komponen yang berbeda, pasalnya Prosessor Merupakan komponen digital yang murni dengan kecepatakn memproses data 46X lebih cepat dibanding dengan hard disk.

Maka dari itu diperlukanlah sebuah koponen yang bernama RAM sebagai alat penyedia data super cepat yang butuhkan.

Dengan begitu Prosessor tidak perlu menunggu distribusi data dari Hard Disk untuk diolah, karena nanti yang memasok data dari Hard disk ke Prosessor adalah Random Access Memory ini.

Bentuk dan Struktur RAM

Bentuk dan Struktur RAM

Bentuk dan Struktur RAM

Bentuk RAM pada PC secara fisiknya seperti rangkaian elektronik atau semacam chip. Untuk memasang RAM ke PC yaitu dengan memasukannya ke slot RAM yang ada pada Motherboard, Jenis dari slot RAM juga ada bermacam-macam tergantung jenis RAM-nya.

Tipologi RAM

Tipologi RAM

Struktur RAM dibagi menjadi 4 bagian, yaitu:

  1. Input storage,berfungsi untuk menampung input atau masukan yang dimasukkan dari alat input.
  2. Program Storage, bagian dari RAM yang berfungsi sebagai penyimpan intruksi program yang akan diakses.
  3. Working Storage, merupakan bagian dari memori yang bertugas menyimpan data yang akan diolah dan hasil pengolahan.
  4. Output Storage, berfungsi untuk menampung hasil akhir dari data yang akan di tapilkan ke perangkat output.

Jenis-Jenis RAM

Type of Random Access Memory

Type of RAM

  • RAM (Dynamic RAM) adalah jenis RAM yang secara berkala harus disegarkan oleh CPU yang mana berfungsi agar data yang terkandung didalamnya tidak hilang.
  • SDRAM (Sychronous Dynamic RAM) adalah jenis RAM yang merupakan kelanjutan dari DRAM. Namun, telah disinkronisasi oleh clock sistem dan memiliki kecepatan lebih tinggi daripada DRAM.
  • RDRAM (Rambus Dynamic RAM) adalah jenis memory yang lebih cepat dan lebih mahal dari pada SDRAM , RAM ini bisa digunakan pada sistem yang menggunakan Pentium 4.
  • SRAM (Static RAM) adalah jenis memori yang tidak memerlukan penyegaran oleh CPU agar data yang terdapat di dalamnya tetap tersimpan dengan baik,RAM jenis ini memiliki kecepatan lebih tinggi daripada DRAM.
  • EDO RAM (Extended Data Out RAM) adalah jenis memori yang digunakan pada sistem yang menggunakan Pentium.

Itulah artikel Mengenal RAM: Sejarah, Fungsi, Cara Kerja, dan Jenisnya. Walaupun cukup panjang, semua saya rangkum agar bisa disajikan dalam satu artikel yang Lengkap dan mudah dipahami.

Sekian terima kasih.

Baca juga artikel menarik berikut!

Jangan lupa untuk Like Facebook, lalu Follow Instagram, dan Subscribe Channel YouTube saya!

Tentang penulis

Ulya

Blogger yang suka ngoding.

Berikan Komentar

Join Our Newsletter!
Dapatkan beragam informasi menarik serta tutorial terbaru dari BicaraBlog.com secara gratis.
Langganan