Tutorial Windows

Menjalankan Windows Sandbox di Windows 10 dengan Mudah

Menjalankan Windows Sandbox di Windows 10 dengan Mudah – Bagaimana cara menjalankan Windows sandbox di Windows 10? Sangat mudah, untuk mengaktifkan Windows Sandbox ini, lalu menjalankan, dan menggunakan fitur ini untuk keperluan sehari-hari, terutama untuk hal berbau uji coba agar lebih aman.

Sebelumnya ini merupakan fitur terbaru dari versi Windows 10 build 18305. Dimana pada saat itu windows sandbox di uji coba untuk publik. Dan di 2019 update ini, fitur istimewa dari windows 10 dapat sahabat nikmati.

Windows sandbox mulai meluncur untuk publik resmi di Windows 10 version 1903 dalam tanda kutip, windows 10 Pro, windows 10 Enterprise, windows 10 Education, dan tidak untuk windows 10 Home.

Apa itu Windows Sandbox?

Dikutip dari How-to geek, dalam kependekan, Windows Sandbox adalah stengah aplikasi atau software dan setengan mesin virtual atau virtual manchine (VM). Yang mana fitur ini digunakan untuk para penguji agar lebih aman, seperti menguji virus untuk diteliti. Ini akan sangat aman bila dilakukan disini.

Mengapa bisa? Cara kerja Windows sandbox sendiri yang berbeda dengan Meesin Virtual lainnya yakni, dalam keadaan pertama aktif bersih dan ditutup dalam keadaan bersih juga.

Dalam artian sahabat Mulya akan lebih leluasa mengeksekusi apapun program jauh dari lingkungan utama. Cukup dengan menutupnya semua pekerjaan itu sirna, tidak tersisa apapun. Walau saya belum pernah menguji Virus Wanna Cry, dsb. pada fitur istimewa ini.

Cara Mendapatkan Windows Sanbox

untuk mengaktifkan Windows sandbox ini sangatlah mudah, selain ringan untuk lingkungan windows, juga tidak perlu software tambahan. Yang perlu diperhatikan adalah sahabat sudah menggunakan Windows 10 may 2019 update versi 1903. Jika belum silahkan pergi ke windows update dan mulai update. Disarankan menggunakan cara pada tutorial yang disediakan disini.

Baca Juga:   5 Tips Merawat Baterai Laptop Awet dan Berumur Panjang

Pastikan Virtualisasi diaktifkan sebelum Menjalankan Windows Sandbox

Secara default virtualization ini sudah diaktifakan, cara memastikannya dengan melihat BIOS sahabat. Tapi tenang, ada cara mudah yakni pergi ke Taks Manager dengan cara klik tombol gabungan Ctrl+Shift_Esc lalu buka tab performance. Pastikan Virtualization Enabled.

Menjalankan Windows Sandbox di Windows 10 dengan Mudah

Cek Virtualisasi

Jika visualisasi tidak aktif, silahkan aktifkan manual dengan cara ini.

Nyalakan Virtualization secara bertingkat jika sahabat menjalankannya pada sistem Host di Mesin Virtual

Jika sahabat menguji build Insider Windows di mesin virtual dan ingin menguji Sandboxdi VM tersebut, langkah ekstra untuk mengaktifkan virtualisasi bertingkat harus dilakukan.

Untuk melakukannya, jalankan PowerShell di Windows yang berjalan di dalam VM dan jalankan perintah berikut:

Set-VMProcessor -VMName <VMName> -ExposeVirtualizationExtensions $ true

Itu memungkinkan Windows versi tamu  pada VM mengekspos ekstensi virtualisasi sehingga Sandbox dapat menggunakannya.

Menaktifkan Windows Sandbox

Untuk mengaktifkan fitur ini sangatlah mudah. Pada umumnya secara default, windowsandbox ini tidak langsung muncul, harus diaktifkan secara manual melalui Windows Features.

  1. Buka Control Panel.
  2. Klik pada menu Program.

    Control Panel Program

    Control Panel Program

  3. Lalu klik Turn Windows Features On or Off.

    Membuka Windows Features

    Membuka Windows Features

  4. Setelah Jendela Fitur Windows terbuka cari Windows Sandbox dengan scroll kebawah, dan pastikan kamu memberikan tanda centang untuk mengaktifkannya.

    Menjalankan Windows Sandbox di Windows 10 dengan Mudah

    Aktifkan Fitur Windows Sandbox

  5. Lalu klik Ok dan selesai.

Cara Menjalankan Windows Sandbox di Windows 10

Langkah terakhir adalah tinggal menjalankan sandbox di windows. Caranya cukup mudah, sama seperti membuka aplikasi biasanya. Silahakan buka Kotak Pencarian lalu cari Windows Sandbox setelah muncul klik untuk membukanya.

Menjalankan Windows Sandbox di Windows 10 dengan Mudah

Search Explorer

Tunggu beberapa saat dan windows sandbox terbuka, seperti pada gambar.

Menjalankan Windows Sandbox di Windows 10 dengan Mudah

Menjalankan Windows Sandbox

Saat pertama kali pasti kamu kagum nih, sahabat tahu tidak?

Baca Juga:   Cara Mematikan Auto Update Windows 10 Terbaru

OS virtual dihasilkan secara dinamis dari OS Windows utama Anda, sehingga OS Windows 10 Anda akan selalu sama dengan versi yang Anda gunakan, dan akan selalu terbarui sepenuhnya. Fakta terakhir ini sangat bagus, karena VM tradisional membutuhkan waktu untuk memperbarui OS sendiri.

Jika Anda pernah menggunakan VM sebelumnya, maka menggunakan Sandbox akan terasa seperti topi lama. Anda dapat menyalin dan menempelkan file langsung ke Sandbox seperti VM lainnya. 

Seret dan lepas tidak berfungsi. Setelah file berada di Sandbox, Anda dapat melanjutkan seperti biasa. Jika Anda memiliki file yang dapat dieksekusi, Anda dapat menginstalnya di Sandbox di mana file tersebut diikat dengan baik dari sistem utama Anda.

Satu hal yang perlu diperhatikan: Jika Anda menghapus file di Sandbox itu tidak pergi ke recycle bin. Sebaliknya, itu dihapus secara permanen. Anda akan menerima peringatan saat Anda menghapus item.

Setelah selesai dengan pengujian, Anda dapat menutup Sandbox seperti aplikasi lainnya. Ini akan menghancurkan snapshot sepenuhnya, termasuk segala perubahan yang Anda buat pada OS dan semua file yang Anda salin di sana. Microsoft telah berbaik hati untuk memberikan peringatan terlebih dahulu.

Menjalankan Virus di Sandbox

Menjalankan Virus sekalipun tidak berpengaruh pada sistem utama – Sumber: How-to-geek

Itu yang saya kutip dari How-to geek untuk menambah wawasan sahabat sekalian. Enable Windows Sandbox and let’s do it. Perlihatkan dan tunjukan kreatifitas.

Baca juga artikel menarik berikut!

Jangan lupa untuk Like Facebook, lalu Follow Instagram, dan Subscribe Channel YouTube saya!

Tentang penulis

Ulya

Blogger yang suka ngoding.

Berikan Komentar

Join Our Newsletter!
Dapatkan beragam informasi menarik serta tutorial terbaru dari BicaraBlog.com secara gratis.
Langganan