Android Editorial Linux Windows

Pengertian Sistem Operasi (OS) Beserta Fungsi & Contohnya

Pengertian Sistem Operasi (OS) Beserta Fungsi & Contohnya – Sering sekali kita mendengar kata sistem operasi, tapi apa Pengertian, Fungsi dan Contoh Sistem Operasi atau OS ini?

Sistem operasi atau dalam bahasa inggrisnya adalah operating system atau OS ini kita ketahui adalah seperti Windows dan Android.

Saya tahu orang sudah sangay mengenal yang namanya android, hingga saat dia ingin membeli smartphone, yang disebut bukan merek dari smartphone yang diinginkan. Malah yang disebutkan adalah Android.

Itulah pentingnya edukasi tentang teknologi di Indonesia.

Walaupun semua orang tahu yang namanya Android dan Windows, tapi mereka tidak tahu apa itu windows dan Android atau OS lain sejenisnya.

Padahal banyak sekali Sistem Operasi saat ini, bahkan yang sering berada dilingkungan gadget pun hanya tahu beberapa Sistem Operasi saja.

Untuk kamu yang ingin mengenal Lebih dalam tentang Windows dan Android sangat penting untuk memahai konsep dari Sistem Operasi sendiri. Yang harus diketahui adalah apa itu sistem operasi, fungsi dari sistem operasi, dan contohnya.

Mari kita pelajari satu persatu.

Pengertian Sistem Operasi

Pertama yang akan dibahas adalah apa pengertian dari sistem operasi.

Operating System (OS) atau sistem operasi adalah salah satu perangkat lunak atau software yang bertanggung jawab mengatur atau mengontrol kerja perangkat keras atau hardware dan menjalankan aplikasi atau software didalam suatu sistem komputer.

Jadi bisa dibilang bahwa sistem operasi adalah sistem yang mengendalikan operasi dasar dan memastikan sistem pada komputer berjalan dengan baik.

Sistem operasi juga memungkinkan suatu aplikasi atau software dapat berfungsi sehingga sistem operasi disebut sebagai essential component.

Komputer atau gadget dengan sistemnya hanya dapat berfungsi dengan adanya sistem operasi kecuali jika dalam keadaan booting.

Cara Kerja Sistem Operasi

Bagaimana Sistem Operasi bekerja pada Gadget atau Laptop atau Komputer kita?

Pengertian Sistem Operasi (OS) Beserta Fungsi dan Contohnya

Pengertian Sistem Operasi (OS) Beserta Fungsi dan Contohnya

Sudah jelas bahwa sistem operasi sebenarnya merupakan penghubug antaraperangkat keras atau hardware dengan perangkan lunak atau software.

Jadi Sistem operasi bekerja seperti alat pengendali atau pengontrol suatu gadget.

Sehingga saat kita menyalakan komputer atau android kita misalnya, maka sistem operasi yang menyala pertama kali, baru kita bisa menggunakan ponsel atau gadget kita.

Baca Juga:   Cara Menghilangkan Tanda Panah pada Shortcut di Windows

Intinya, Sistem Operasi atau OS adalah sistem yang berapa dilapisan pertama dimana memori hardisk diletakkan.

Fungsi Sistem Operasi

Sistem operasi ini termasuk perangkat lunak karena dapat di Download dan di Install sesuka hati. Jadi Untuk menjalankan sebuah sistem operasi kita harus memiliki hardwarenya.

Karena HP tanpa Android misalnya atau Windows tanpa Komputer dan sebaliknya. Semua itu tidak berguna.

Pertama jika kita memiliki windows tetai tidak punya laptop, mau di install dimana?

Lalu kedua jika Kita punya laptop tapi tidak punya windows, mau dipake apa laptopnya?

Maka Sistem operasi ini memiliki beberapa fungsi yang sangat penting dalam menjalankan program dan fungsinya. Beberapa fungsi utama dari Sistem operasi adalah sebagai berikut:

1. Menjalankan Operasi Dasar

Fungsi paling utama dari sistem operasi adalah untuk menjalankan operasi dasar pada komputer atau gadget. Sehingga OS merupakan komponen yang vital dalam mendasari kerja hardware dan software yang ada didalamnya.

Karena sebelum kita menginstall aplikasi atau software lain, pasti kita perlu menginstall OS atau sistem operasi sebagai lingkungannya.

Nantinya, sistem operasilah yang memungkinkan program atau aplikasi dapat berjalan dan ditampilkan melalui gadget kita.

2. Mengatur Kerja Hardware

Seperti yang saya katakan diatas bahwa Operating System atau Sistem Operasi ini dapat mengontrol hardware dan software dalam hal kinerja.

Bisa dikatakan bahwa sistem operasi adalah Resource Manager dalam perngkat atau gadget.

Jadi kesimpulannya adalah kontrok OS ini berupa kontrok fungsi terhadap Memori, CPU, Harddisk, dan lainnya yang berhubungan dengan kinerja software yang ada didalam perangkat tersebut.

3. Wadah Program atau Aplikasi

Sebagai software kontrol, Sistem Operasi menjaga lingkungan perangkatnya.

Aplikasi atau Software yang tersimpan atau terisntall di gadget kita dapat dikontrol oleh OS. Sehingga pengguna seperti kita bisa lebih mudah Menghapus aplikasi, mengatur jaringan dan lain sebagainya.

Dan semua itu bisa di atur hanya dengan membuka menu setting atau pengaturan pada Sistem Operasi.

Jadi bisa di analogikan OS ini adalah manusia, hardwarenya adalah rumah, dan softwarenya adalah lemari. Jika ingin membuang lemari maka manusia sebagai OS akan menghubungkan ke hardware sebagai penyimpanan, dan memberi perintah menghapus lemari tersebut.

4. Mengkoordinasi kerja perangkat komputer

Selain mengatur perangkat keras dan perangkat lunak agar terhubung satu sama lain, sistem operasi juga berfungsi mengkoordinasikan segala hal didalam perangkat atau gadget terutama menyusun program yang sifatnya kompleks menjadi lebih sederhana dan berurutan.

Baca Juga:   Cara Install Chromium di Linux Lubuntu dengan Mudah

Sistem operasi memudahkan suatu aplikasi agar dapat bekerja dengan lebih efisien dan mudah digunakan oleh penggunanya.

5. Mengawasi dan melindungi jalannya suatu fungsi program

Sistem operasi memungkinkan user atau pengguna yang memiliki hak untuk mengakses perangkatnya untuk menjalankan suatu program dan mengendalikan siapa yang bisa mengakses program tersebut atau yang dikenal sebagai fungsi Gate Keeper.

Tidak hanya mengendalikan user dalam mengakses sistem atau program, sistem operasi juga mengawasi segala hal yang dilakukan user dalam mengakses sistem program dalam komputer.

6. Mengoptimalkan fungsi perangkat komputer

Fungsi lain dari sistem operasi atau OS adalah mengoptimalkan penggunaan perangkat keras dan perangkat lunak yang ada dilingkungannya.

Misalnya dalam hal mengatur waktu berfungsinya CPU, pemanggilan data yang tersimpan dalam memori harddisk, ataupun mengatur waktu yang digunakan untuk koneksi dalam terminal seperti yang di jelaskan di nomor 3.

7. Menyajikan tampilan

Terakhir, fungsi dari sistem operasi adalah untuk menyajikan interface atau tampilan.

Jadi tampilan yang kita lihat dilayar komputer maupun gadget adalah hasil dari pengoperasian OS atau sistem operasi.

Sistem Operasi ini di desain untuk menerjemakan bahasa programman dan perintah menjadi berbentuk tombol dan shortcut untuk mempermudah penggunanya mengoperasikan laptop atau smatphonenya.

Ini menjadi jawaban yang penting, seperti diatas saya katakan untuk apa punya laptop tapi tak punya sistem operasi misalnya windows?

Apakah kita bisa mengoperasikan sebuah perangkat atau gadget tanpa OS?

Tentu bisa, namun diperlukan pemahaman tingkat tinggi.

Sehingga dapat disimpulkan juga bahwa Sistem operasi juga berperan sebagai suatu interface atau tatap muka antara pengguna dengan perangkat keras yang digunakannya.

Pengertian Sistem Operasi dan Contoh OS yang Populer

Berikut ini adalah contoh produk OS terkenal berdasarkan jenis perangkatnya.

Sistem Operasi Desktop

Pengertian Sistem Operasi (OS) Beserta Fungsi dan Contohnya

Microsoft Windows

Pengertian Sistem Operasi (OS) Beserta Fungsi dan Contohnya

Chrome OS

Pengertian Sistem Operasi (OS) Beserta Fungsi dan Contohnya

Mac OS

Contoh OS Windows, Linux, Chrome OS, dan Mac OS

Linux

Sistem Operasi Mobile

Android OS terkenal

Google Android

Apple iOS terkenal

Apple iOS

Windows Phone

Windows Phone

Jadi Perangkat atau gadget baik itu smartphone atau lapto atau komputer kita ini perlu dibekali sebuah sistem operasi sebagai lingkungan untuk mengontrol software yang di install.

Sehingga kita sebagai pengguna atau pemilik dari perangkat tersebut bisa dengan mudah mengambil kontrol atas fungsi-fungsi yang ada.

Baca juga artikel menarik berikut!

Jangan lupa untuk Like Facebook, lalu Follow Instagram, dan Subscribe Channel YouTube saya!

Tentang penulis

Ulya

Blogger yang suka ngoding.

Berikan Komentar

Join Our Newsletter!
Dapatkan beragam informasi menarik serta tutorial terbaru dari BicaraBlog.com secara gratis.
Langganan