Blogging Editorial Internet

Tips Memilih Domain yang Bagus Untuk Website

Tips Memilih Domain yang Bagus Untuk Website

Tips Memilih Domain yang Bagus Untuk Website – Domain merupakan salahsatu hal terpenting yang harus kita miliki dalam membuat web.

Domain sendiri diperlukan, karena domain merupakan alamat yang menujukan website kamu nantinya. Orang bisa mengakses kapanpun website kamu menggunakan yang namanya domain melalui browser.

Yang jadi alasan pentingnya memiliki sebuah domain untuk website adalah agar mudahnya orang-orang mengakses website milikmu. Karena apabila website server tidak dipasang domain, orang akan sulit mengaksesnya karena susah untuk menginput alamat web yang berupa IP address yang sangat panjang.

Jadi domain memiliki peran penting untuk memudahkan orang mengakses website melalui browser dengan mudah.

Tapi yang menjadi masalah adalah orang akan kebingungan juga apabila domain websitemu dibuat secara asal asalan.

Apabila kamu seorang internet marketing, ini sangat tidak bagus, pasalnya kamu tidak akan mendapat trafik yang banyak. Karena orang-orang tidak bisa mengunjungi websitemu.

Lalu bagaimana agar domain yang dibuat bisa mudah diakses orang lain?

Berikut adalah Tips Memilih Domain yang bagus untuk websitemu.

5 Tips Memilih Domain yang Bagus

Memilih nama domain yang tepat adalah kunci utama dari membuat website atau blog yang sukses mendapatkan banyak trafik kunjungan. Sehingga apabila kamu betul betul memperhatikan dalam memilih domain serta menentukan nama domain apa yang perlu diperhatikan maka pasti kamu bisa mendapat banyak costumer di internet.

Tips Memilih Domain

Domain TLD Populer

Adapun cara memilih nama domain yang bagus adalah dengan memperhatikan 10 Hal berikut ini.

1. Gunakan Domain yang Mengandung Kata Kunci dan Brandable

Memilih nama domain sama seperti memilih merek, pengelolaan domain juga sama seperti mengelola merek. Pentingnya memilih domain yang brandable ini menjadi kunci lebih, dimana nantinya bisa kita gunakan sebagi merek atau brand sendiri. Lebih bagus lagi jika suatu bran memiliki kata kuncinya.

Baca Juga:   3 Cara Mendownload Foto dan Video dari Instagram Android

Seperti jika kamu menjual Ayam Goreng, tentunya kamu harus membuat domain ayamgoreng.com misalnya. Selain mudah diingat, membuat brand seperti ini juga menarik website untuk muncul dihalaman google.

Apabila orang mencari Ayam Goreng di google, maka yang akan ditampilkan adalah situs yang memiliki kata kunci ayam goreng. Dan ini menjadi peluang untuk menari banyak visitor ke websitemu.

Bagaimana jika saya sudah memiliki brand sendiri?

Tidak apa-apa silahkan gunakan itu, Google, Yahoo, mereka menggunakan domain dengan brand mereka sendiri. Yang terpenting kamu harus memperhatikan 3 hal untuk menciptakan domain brandable.

  • Buat Kata Baru: Inilah cara yang google gunakan, membuat merek sendiri.
  • Jangan Gunakan Kata yang Sudah Ada: Jika kamu memilih kata yang sudah ada, maka domain itu tidak bisa kamu beli nantinya, pilih kata yang unik dan tidak ada orang lain yang memiliki.
  • Gunakan Tools Generator Domain: Banyak sekali generator domain name yang bertebaran di google, kamu bisa mencari inspirasi menggunakan ini.

2. Gunakan Nama Domain Singkat dan Mudah di Ingat

Tips memilih nama domain yang baik selanjutnya adalah membuat domain yang singkat dan mudah di ingat. Setidaknya nama domain yang singkat itu kurang dari dua kata. Seperti blog ini, domainnya terdiri dari dua kata yakni ‘Bicara’ dan ‘Blog’.

Orang lain bisa menelusuri blog ini dengan kedua kata kunci tersebut. Dan orang bisa mengingatnya dengan mudah. Sehingga suatu saat orang tersebut akan membuka situsmu lagi.

3. Gunakan Ekstensi TLD yang tepat

Tips Memilih Domain ke tiga adalah memilih TLD domain yang tepat. Misal jika website kamu merupakan website perusahaan berarti gunakan domain yang berbau komersial seperti .com atau .co.id. Selain mudah dalam penyebutannya, domain dengan TLD yang tepat akan mudah di ingat kembai.

Kamu tidak perlu khawatir, karena sekarang sudah banyak domain TLD baru, seperti .online, .website, .art, dll. Kamu bisa mencari fungsi tiap-tiap domain tersebut di google. Secara umum ada 6 TLD yang sering digunakan:

  • .com – biasanya digunakan untuk perusahaan, web komersial, dan komunitas.
  • .info – biasanya digunakan untuk web -web yang bersifat informatif.
  • .net – biasanya digunakan untuk web yang membahas atau menyediakan hal-hal teknis atau infrastuktur internet.
  • .org – biasanya digunakan untuk web organisasi nonkomersial dan non-profit.
  • .biz – biasanya digunakan untuk web bisnis dan komersial, seperti website e-commerce.
  • .me – biasanya digunakan untuk web  personal, blog, atau resume.
Baca Juga:   Bagian - Bagian Microsoft Excel Beserta Penjelasannya

4. Hindari Penggunaan Angka dan Hypen

Penggunaan angka dan strip atau hypen harus dihindari. Karena yang namanya nama akan sulit dikenal jika menggunakan angka. Orang yang bingung nantinya akan menulis bilangan angka yang ada bukan menulis angkanya.

Misal nama websitenya adalah Domain21.com, orang akan bingung jika dia lupa harus menulisnya dengan huruf angka. Sehingga dia memilih menulis menggunakan huruf, dan mereka akhirnya batal berkunjung ke websitemu karena sulit ditemukan.

Penggunaan Hypen atau strip juga harus dihindari, misalnya nama domainnya adalah Mas-ulya.me, orang akan kesulitan, apakah domain menggunakan strip atau tidak. Pasti mereka mengira domain kamu itu tanpa strip, sehingga mereka mengakses halaman 404 dan batal mengunjungi situs kamu.

Jika terus-terusan seperti itu, maka kamu akan menghilangkan banyak costumer ke websitemu.

5. Pikir Jangka Panjang

Jika tujuanmu seperti membuat domain yang brandable, tentu harus memikir jangka panjang domainmu. Tips memillih domain yang terakhir ini sangat penting. Dimana kamu harus memastikan domain yang kau pilih tidak di blacklist oleh google.

Banyak domain bekas bertebaran di internet, bagi kamu yang ingin menggunakan domain tersebut harus pintar melihat apakah domain itu di banned oleh google di pencariannya, apakah reputasinya baik, dll. Jika ini diperhatikan maka kedepannya kamu akan lancar jaya.

Tools yang Membantumu Memilih Domain

Berikut saya bagikan juga beberapa tools yang bisa kamu gunakan saat memilih domain.4

Itulah 5 Tips dalam menentukan domain untk website atau blog. Jika ada tips lain yang kamu miliki, silahkan bagikan di kolom komentar, agar orang lain bisa mengikuti apa yang kamu lakukan dalam memilih domain yang terbaik.

About the author

Ulya

Hello, I am Muhammad Haulul Azkiyaa a.k.a. Ulya. I’m a Wordpress Development Specialist as well as a Front-end Web Dev. I help people get their business online and promote his Business.

Leave a Comment

Join Our Newsletter!
Dapatkan beragam informasi menarik serta tutorial terbaru dari BicaraBlog.com secara gratis.
Langganan